26 November 2015

Peta


Peta Tematik di Mapinfo 12
Peta di Mapinfo 12
Peta yang dibahas ini adalah bagaimana membuat peta tematik dari tabel yang kita miliki sehingga tampak lebih informatif. Tapi ingat peta tematik berbeda dengan  peta yang kita lihat dari map window. peta tematik bersifat sementara seperti halnya kosmetik layer dan tabel query, artinya ketika kita close windownya maka peta tematiknya pun ikut hilang, tidak bisa di panggil kembali. Kecuali peta tematik bertipe grid, peta tematik ini harus di simpan sebagai tabel tersendiri sehingga bisa langsung di panggil kembali.


Untuk menyimpat peta tematik gunakan fasilitas Save Workspace. tab menu HOME >> Save Workspace. Begitu  pula dengan memanggilnya, harus memanggil file pertipe *.wor. Berikut Peta-peta tematik yang akan kita bahas:

Peta Tematik di Mapinfo 12

Tema Individu

peta tematik tema individu mapinfo 12

Peta nilai individu menggambarkan objek peta sesuai dengan nilai individual masing-masing record. Model peta ini baik digunakan untuk menekankan perbedaan kategori data daripada menampilkan data secara kuantitatif. Peta nilai individu tersedia untuk jenis data titik, garis, dan area.

Contoh peta tematik individu di mapinfo 12

Tema Kisaran (Range)

Peta tematik Range di Mapinfo 12

Dengan tema kisaran (range), kita dapat mengelompokkan data atau record ke dalam kelompok tertentu, dan memberikan arsiran dan atau warna yang berbeda pada kelompok yang berbeda. Misalnya kita dapat melakukan pengelompokan data curah hujan dari peta curah hujan untuk membuat peta isohiyet, pengelompokan peta lereng menjadi peta kelas lereng, dan sebagainya. Karena pada peta kisaran akan dilakukan gruoping terhadap suatu nilai, maka tematik variabel harus bertipe numerik atau data kuantitatif.

Contoh peta tematik range di mapinfo 12

Peta Simbol Gradual (Graduated Symbol Map)

Peta tematik Gradasi di Mapinfo 12

Peta simbol gradual menampilkan simbol setiap record dalam tabel. Ukuran simbol menunjukkan secara proporsional nilai dari data tersebut. Semakin besar ukuran simbol sebakin besar pula data yang diwakili. Model peta ini cocok untuk menggambarkan data kuantitatif seperti ranking dari tinggi ke rendah

Contoh peta tematik gradasi di mapinfo 12

Peta Kerapatan Titik (Dot Density Maps)

Peta Tematik Kerapatan Titik di Mapinfo 12

Peta kerapatan titik menggunakan titik untuk menggambarkan nilai data. Setiap titik mewakili nilai tertentu. Jumlah semua titik pada suatu area dikalikan dengan nilai yang diwakili oleh titik tersebut merupakan besarnya nilai data pada area tersebut.

Contoh Peta Tematik Kerapatan TItik di Mapinfo 12

Peta Grafik Batang (Bar Chart Maps)

Bar Chat di mapinfo 12
Berlainan halnya dengan model peta tematik sebelumnya, peta grafik batang menggunakan lebih dari satu tematik variabel untuk menampilkan nilai dalam gragik batang. Dengan informasi visual tersebut kita dapat langsung mengetahui perbandingan nilai antar variabelnya.

Contoh Peta Grafik Batang di Mapinfo 12

Peta Grafik Lingkaran (Pie Chart Maps)

Peta Grafik Lingkaran di Mapinfo 12
Peta grafik lingkaran hampir sama dengan peta grafik batang. Hanya saja bentuk grafiknya yang berupa lingkaran.

Contoh peta tematik dengan grafik pie di mapinfo 12

Peta Tematik Grid (Grid Maps)

Peta Tematik Grid di Mapinfo 12

Peta tematik grid merupakan grid raster kontinu yang dihasilkan dari proses interpolasi data. Pada tematik ini hasilnya disimpan sebagai tabel sendiri dan otomatis di buka kembali di mapinfo. Berbeda dengan peta tematik sebelumnya, peta tematik grid tidak bersifat sementara dan akan hilang ketika program mapinfo ditutup, peta ini di simpan sebagai tabel permanen dan dapat di buka kembali dengan perintah Open >> Table

Peta Tematik Grid di mapinfo 12

Peta Tiga Dimensi

Peta 3D di mapinfo 12
Tool untuk menampilkan Map 3D hanya akan aktif bila sebelumnya telah membuat peta tematik GRID dan Peta tersebut telah di buka di dalam map window.

Lihat contoh ilustrasi gambar di bawah ini:

Tool Map 3d di mapinfo

Ketika tidak satupun map window menampilkan peta tematik grid maka tool 3D Map akan tidak aktif (disable). Tool ini bisa di temukan di HOME >> Group Tools Window

tool map 3d mapinfo 12

Klik tool 3D Maps untuk memulai membuat peta 3d dari peta Grid yang telah kita buat sebelumnya. Setealah itu akan muncul jendala form Create 3D Map untuk mensetting peta 3D yang akan kita buat:

Seting Map 3D di mapinfo 12

Seting camera, light dan appearance sesuai yang kita inginkan lalu klik OK, maka akan mucul hasilnya di map window.

Contoh hasil Map 3D di mapinfo 12

Peta 3d yang telah di buat dapat di modif kembali dengan meng-Klik kanan di map windownya lalu pilih View Point Control

Edit setingan Map 3d di Mapinfo 12

Peta Prisma

Peta Prisma mapinfo 12

Hasil peta prisma sama dengan peta 3D, yaitu peta yang menampilkan perspektif tiga dimensi. Tetapi perbedaannya adalah peta 3D dibuat dari raster grid, sedangkan peta prisma dibuat dari tabel vektor mapinfo aslinya.

contoh Peta Prisma di mapinfo 12

No comments:

Post a Comment