26 November 2015

Layout




Layout di Mapinfo 12

Layout di Mapinfo 12

Pembuatan layout dan pencetakan peta merupakan perkerjaan terakhir dalam pembuatan peta setelah input, manajemen, dan analisis data selesai dilakukan. Data hasil input dan analisis pada window peta, browser, maupun grafik dapat dimasukkan, dikombinasikan, dan disusun pada window layout untuk membentuk suatu tampilan peta yang profesional. Dalam membuat sebuah layout ada beberapa komponen yang perlu di pelajari. Komponen-komponen tersebut di antaranya adalah:


  1. Legenda
  2. Skala Peta
  3. Arah mata angin
  4. Grid

Untuk memperoleh kualitas peta yang memadai baik untuk tujuan presentasi maupun untuk pencetakan, sebaiknya menggunakan tampilan peta yang telah dianalisis melalui pemetaan tematik. Contoh di gambar bawah ini . Layer 'batas propinsi' telah dipetakan secara tematik. Sementara Legenda digunakan perpaduan antara legenda kartografi dan legenda tematik. 

Gambar Layout Peta di Mapinfo 12

Kita juga bisa mengedit Skala objek layout peta dengan menggeser titik-titik ubah di kotak layout. Tentu saja merubah skala layout ini kita harus memperhatikan salah satu komponen layout peta yakni skala peta

Skala Peta


Skala peta merupakan komponen yang penting dalam layout peta. Perlu diketahui bahwa pengaturan zoom di map window tidak akan berpengaruh terhadap skala. Zoom in dan zoom out hanya mengubah bentuk tampilan peta di layar monitor. Adadua hal yang mempengaruhi skala, yaitu ukuran frame pada window layout dan zoom peta pada window peta (berbeda dengan zoom in dan zoom out).

Bila kita telah menetapkan ukuran frame karena menyesuaikan dengan ukuran kertas yang digunakan, maka kita harus menggunakan zoom peta dalam mile dengan rumus sebagai berikut.

Rumus Skala Peta

Contoh, bila kita ingin membuat peta dengan skala 1 : 250.000 denga lebar frame 8 inchi, maka Zoom peta yang harus digunakan adalah :

Contoh Rumus Skala Peta

Untuk mengubah zoom peta pada window peta, kita dapat menggunakan cara berikut:

Edit Skala Peta di mapinfo 12

Sebaliknya bila zoom peta telah ditentukan, kita harus menyesuaikan lebar frame dengan rumus sebagai berikut


contoh, apabila zoom peta telah ditentukan 20 mile dan akan membuat peta dengan skala 1 : 100.000. berapa lebar frame yang harus digunakan?

 

Untuk mengubah lebar frame, kita dapat menggunakan cara berikut:

 

Untuk membuat skala grafis atau skala batangan (scale bar), kita harus mengaktifkan modul ScaleBar Mapinfo dari menu tab HOME >> Tools. Bila menu ini belum ada maka perlu di register terlebih dahulu. Berikut langkah memasukan skala peta ke layout window di mapinfo 12:

  • Register tool Scare Bar. Berikut langkahnya:
         Register tool Scare Bar Mapinfo 12

  • Buat Scale Bar di Peta, Berikut langkahnya
1.       Aktivkan frame window di layout
2.       Create Scale Bar dengan menggunakan tool yang bisa di dapat di menu Tab LEGACY >>  Draw Scale Bar
3.       Setting informasi skala peta yang ingin di tampilkan. Dalam contoh ini menggunakan satuan Km

Buat Skala Peta di Mapinfo 12


Kita dapat memindahkan ke tempat yang sesuai pada window layout dengan cara menandai seluruh komponen skala peta (sebaiknya menggunakan toolbar select  ), lalu drag ke tempat yang diinginkan. Kita juga dapat melakukan editing pada bagian-bagian skala peta tersebut dengan meng-klik 2 kali di kotak frame.

Sebenarnya bila Kita telah mengatur skala dengan rumus di atas, Kita dapat menggambar skala grafis secara manual dengan menggunakan alat-alat penggambar (drawing tools). Buat lebar kotak sesuai dengan skala.

Komponen scalebar disimpan pada layer kosmetik. Untuk itu, bila Kita ingin menyimpan scalebar simpan dengan Save Workspace.

Legenda

Ada 2 macam legenda pada Mapinfo, yaitu legenda tematik dan legenda kartografi. Mapinfo secara automatis akan membuat legenda tematik bila peta tematik dibuat. Legenda tersebut dapat ditampilkan ataupun disembunyikan.

Memunculkan Legenda peta dari peta tematik di mapinfo 12

Membuat Arah Mata Angin (North Arrow) pada peta



Arah Mata Angin adalah sebuah informasi grafik yang mempresentasikan arah mata angin Utara sebenarnya di permukaan bumi. Dalam mapinfo informasi ini di sebut juga North Arrow. Untuk membuat arah mata angin, aktifkan terlebih dahulu tool North Arrow.




Berikut langkahnya untuk mengaktifkan tool ini:

Mengaktifkan Tool Nort Arro di mapinfo 12

Setelah itu pilih tool tersebut dan klik di posisi mana saja di bagian peta yang akan kita jadikan posisi dimana grafik arah utara tersebut berada. Kemudia akan muncul form window North Arrow sebagai berikut:

Form windos North Arrow Mapinfo 12

Pilih bentuk arrow stylenya, lalu warnanya kemudian biarkan yang lainnya secara default, lalu klik ok. Berikut hasilnya:

North Arrow


Grid Peta



Sebuah peta yang standar biasanya selalu dilengkapi dengan Grid, yaitu garis sejajar lintang dan bujur (pada sistem koordinat latitude/longitude).  Untuk membuat Grid, terlebih dahulu kita harus mengaktifkan modul Grid Maker. Langkah untuk mengaktifkannya sama seperti teknik mengaktifkan tool Draw Scale Bar dan North Arrow yang telah di jelaskan sebelumnya.

Setelah Tool tersebut aktif jalankan tool tersebut dengan mengklik pada menu Tab LEGACY >> Create Grid

Lalu buat kotak yang meliputi seluruh bagian frame layout yang ingin kita buat grid-nya.

Buat Grid di Layout WIndow Mapinfo 12

Maka akan muncul window form seperti berikut ini:

Form Grid Maker Mapinfo 12

Bebrapa hal yang perlu kita lengkapi adalah :

  • Objek types menyatakan bentuk grid yang akan dibuat, apakah dibentuk dari segi empat (close regions) agau garis lurus (straight polyline). Gunakan closed regions untuk memudahkan editing.
  • Extents menunjukkan dari koordinat berapa sampai berapa Grid akan dibuat. Isikan nilai utara, selatan, timur dan barat dalam serajat. Untuk keperluan ini aktifkan window peta yang akan dibuatkan layout, kemudian aktifkan Cursor location pada bagian kiri bawah interface mapinfo seperti gambar berikut:
         mengaktifkan Cursor di Mapinfo 12
  • New Table digunakan untuk tempat dimana kita menaruh tabel Grid yang telah dibuat. Perlu di catat bahwa grid yang akan terbentuk adalah sebuah tabel mapinfo yang permanen. Tabel grid tersebut kemudian digabungkan dalam satu window peta dengan peta yang akan dibuatkan layoutnya. Tabel ini secara automatis grid akan ditambahkan ke window layout. Defaultnya disimpan di template window dengan nama Grid. Bila tabel grid tersebut akan digunakan sebaiknya disimpan pada folder Tabel dengan nama tertentu.
         Tabel Grid di Jendela Navigasi Mapinfo 12


Perkirakan lokasi mulai dari dan sampai dimana grid akan dibuat. Jangan khawatir karena setelah selesai, kita masih dapat melakukan modifikasi dengan leluasa. Berikut hasilnya:

Grid di layout window Mapinfo 12


Apabila tampilan grid kurang simetris dengan petanya, kita dapat melakukan editing terhadap grid yang telah dibuat pada window peta dengan syarat properti layer grid harus diubah pada layer control menjadi Editabel.

Editable on layer grid

Dalam kondisi layer grid editabel klik dua kali pada pada potongan grid yang akan diperbaiki, jendela form editing objek akan muncul:

 Edit batasan grid di mapinfo 12

Ubah panjang grid horisontal dengan memodifikasi nilai Bound X1 dan X2, dan panjang grid vertikal dengan mengubah nilai Bound Y1 dan Y2. Grid di atas dibuat tanpa nilai koordinat. Kita dapat menggunakan fasilitas tool teks. Untuk menambahkan label nilai koordinat



13 comments:

  1. ohh begitu ya kak ternyata membuat layout mapinfo dan macam-macam lain nya akan saya coba nanti y kak semoga saya juga berhasil seperti kakak .
    kunjungi blog saya

    http://desymelindasari95.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/

    Dan kunjungi juga website kamus saya
    http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  2. “Terima Kasih gan, sangat membantu saya coba berhasil .”
    jangan lupa kunjungi website saya : http://tonitutorial.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    dan website kampus saya :www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  3. Tutorial ini sangat bermanfaat bagi saya yang mau belajar cara membuat Layout di Mapinfo 12, saya akan mempelajari artikel ini kak. Terimakasih kak atas tulisan yang bermanfaat ini.
    Jangan Lupa Kunjungi website saya https://hestyns.mahasiswa.atmaluhur.ac.id dan website kampus saya kak http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  4. siang admin,
    saya mau nanya apa sih kekurangan dari Skala Peta itu sendiri ? dan mohon pencerahan nya.... Trima kasih sebelumnya ^-^

    kunjungi juga website universitas saya : http://www.atmaluhur.ac.id/
    dan website saya di : https://martha.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/

    ReplyDelete
  5. terima kasih kak penjelasannya sangat menarik dan lebih mudah, angan lupa kunjungi website saya kak guna saling berbagi ilmu dan wawasan ke www.atmaluhur.ac.id maupun alamat web blog saya http://mafaza.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/.

    ReplyDelete
  6. Terimakasih min... Bermanfaat sekali min.. Tutorialnya juga mudah dimengerti dari step by step :D
    Kunjungi juga website saya di :https://babal.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    dan website kampus saya di : http://www.atmaluhur.ac.id/

    ReplyDelete
  7. terima kasih tutorialnya sangat mudah dimengerti hingga mempermudah saya mengikuti arahannya

    kunjungi juga website saya: http://istaryani.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    dan kunjungi web kampus saya: http://www.atmaluhur.ac.id/
    terima kasih

    ReplyDelete
  8. sangat membatu artikelnya terimah kasih ini jangan lupa kunjungi website saya https://hendiblog.mahasiswa.atmaluhur.ac.id dan ini website kampus saya
    http://www.atmaluhur.ac.id/

    ReplyDelete
  9. terima kasih tutorialnya, sangat bermanfaat kak , yuk kunjungi jga website saya https://sites.goggle.com/mahasiswa.atmaluhur.ac.id/ziffa/ dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  10. terima kasih tutorialnya, sangat bermanfaat kak , yuk kunjungi jga website saya https://sites.goggle.com/mahasiswa.atmaluhur.ac.id/ziffa/ dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  11. Tutorial ini sangat bermanfaat bagi saya yang mau belajar cara membuat Layout di Mapinfo 12, saya akan mempelajari artikel ini kak. Terimakasih kak atas tulisan yang bermanfaat ini.
    Jangan Lupa Kunjungi website saya https://capcuy.mahasiswa.atmaluhur.ac.id dan website kampus saya kak http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  12. Tutorial ini sangat bermanfaat bagi saya yang mau belajar cara membuat Layout di Mapinfo 12, saya akan mempelajari artikel ini kak. Terimakasih kak atas tulisan yang bermanfaat ini.

    jangan lupa ya pak kunjungi website saya jg http://sekolahan.mahasiswa.atmaluhur.ac.id dan web kampus saya http://atmaluhur.ac.id

    terima kasih

    ReplyDelete
  13. paparan dalam pembuatan layout sebelum dilakukan kita harus memahami terlebih dahulu komponen-komponen nya seperti Legenda
    Skala Peta
    Arah mata angin
    Grid
    menarik sekali artikelnya, sebelum ke tahapan layout kt setidaknya mengerti dr komponen tsb.. kembangan trus blognya gan agar bs menyajikan informasi yg lebih bermanfaat lg.
    kunjungi blog saya https://r3nd1pr4y0g1.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/ dan web kampus www.atmaluhur.ac.id trims

    ReplyDelete