04 April 2016

Jangan Percaya Peta


Pemahaman Peta

Jangan Percaya Peta

Sedikit cerita tentang bagaimana kekeliruan pandangan masyarakat umum terhadap Peta. Pernah ikut sebuah proyek pembuatan peta digital, dari phak client memberikan ku sebuat peta format autocad map (dwg) untuk di buat projeksinya dengan rupa bumi. Tujuannya agar peta denah mereka bisa di akses di online dan bisa sinkron dengan gps yang ada di alat (misal HP android). Untuk daerah pertama mudah, karena saya bisa menemukan posisi tepatnya denah mereka dengan google map. Di dalam google map sudah ada bentuk rupa bumi pembangunan yang telah mereka lakukan. Yang jadi masalah di projek selanjutnya, di mana peta yang mereka berikan tidak dapat di temukan di googlemap. Hal ini karena daerah yang di capture  oleh google map masih berupa  hutan dan lahan kosong.

Anggapan orang-orang teknik sipil bahwa peta itu adalah sebuah bentuk rupa bumi di bidan datar yang mewakili kondisi sebenarnya. Jadi bila disebuah lokasi di dalam denah yang mereka buat telah di projeksi dengan benar maka semua lokasi lain di dalam denah yang sama akan memiliki akurasi yang sama dengan lokasi yang telah di projeksi sebelumnya. 

Ini SALAH. SALAH DAN SALAAAAAAAH……

Mari kita lihat di mana salahnya

Peta Dunia Mercator

Memahami makna peta sesunggguhnya

Perhatikan peta dunia dengan projection MERCATOR di di atas

Kau bisa melihat kesuluruhan peta yang ada di bumi bukan? apakah peta itu benar? buntuk pulaunya, besar pulaunya? bahkan posisinya?

TIDAK…. Itu semua TIDAK BENAR. Alias SALAH….

Mengapa?

Karena Bumi itu Bulat…. alias Bundar. So tidak mungkin memetakan semuanya secara sempurna di dalam sebuah medan yang datar. Banyak bagian yang mengalami distorsi

Mari kita bandingkan bagian2 yang ada di dalam peta:

North America vs Rusia


Bandingakn bentuk Amerika bagian utara dengan Rusia. Tampak Rusia lebih besar bukan?

Namun pada kenyataanya adalah seperti ini:

Truth about map


Ya ternyata peta Rusia tidaklah lebih besar dari Amerika Utara. Contoh lain mari lihat peta kanada di bawah ini:

Peta kanada salah

Bentuk peta dia tas sebenarnya salah besar. Mengapa?

Bila di lihat dari peta di atas lalu di bandingkan dengan peta U.S di dapatkan luasan kanada jauh lebih besar dari U.S. lihat gambar di bawah ini:

Kanada vs US

Namun pada kenyataanya kanada tidakah lebih besar dari US. erikut ini gambar ukuran yang lebih benar:

Kanada vs US

Selain itu bentuk peta kanda di atas sebenarnya juga salah. perhatikan gambar di bawah, bentuk peta kanada yang seharusnya:

Bentauk peta kanada yang benar

Ya.... ternyata beda sekali bentuk peta kada yang seharusnya dengan yang ada di peta dunia. Atau ingin lebih jelas coba perharikan GreendLand dan Afrika. Dalam peta dunia tersebut akan tampak seperti ini:

Greenladn vs Afrika

Apa yang bisa kita simpulkan dari peta di atas. Greenland dan Afrika memiliki luas yang serupa. Sama besarnya. Tapi tentu saja tidak. Luas Afrika Jauh lebih besar dari Greenland. Gambaran luas seharusnya adalah seperti ini:


Afrika dan greenland


Kesimpulannya.

- Untuk menghasilkan peta yang akurat maka reprojeksi harus di lakukan per area tertentu. Tidak bisa mengeneralisir satu area ke area yang lain

- Peta hanyalah gambaran rupa bumi. Pasti terjadi distorsi tergantung tingkat ketelitian peta. Tidak ada peta yang sempurna



No comments:

Post a Comment