03 November 2015

ESRI versus Mapinfo, mana yang lebih baik?

ESRI versus Mapinfo

ArcGis vs Mapinfo

Pertama yang perlu dipahami bahwa yang dibandingkan di sini adalah ARCGIS dan Mapinfo. Arc view sudah mulai di tinggalkan karena tidak diteruskan lagi pengembangannya. Versi terakhir yang dari ArcView adalah versti 3.3 yang tentu saja belum support win 7 64 bit ke atas. Bila ingin di jalankan di perlu ada trik khusus.

Kelebihan ArcGis dan keurangan Mapinfo

Arc.GisMapinfo
Memeliki banyak fungsi dan toolFiturnya sedikit tidak sebanyak Arc.GIS (contoh untuk feature topologi dimana kita bisa melihat langsung bila ada garis yang tidak saling berhubungan, di MI tidak ada. Harus dibuat sendiri aplikasinya menggunakan mapbasic)
Lebih oke dalam hal penampilan/layout petaLayout data sangat kurang baik. (contoh dua segmen garis yang sebenarnya sudah tersambung seringkali terlihat belum tersambung dengan baik di MI)
Kontrol keaaccuratan datanya lebih baikKarena simplenya dan mudahnya edit data maka mudah pula terjadi kesalahn
Untuk data dengan Ukuran besar lebih dapat berjalan dengan baikkurang baik untuk data yang kompleks
Memiliki lebih banyak geoprocessing toolsLebih sedikit
Support lebih banyak bahasa pemogramanLebih sedikit (mapbasic)
Untuk Pengembangan Aplikasi yang kompleks Argis lebih baik, karena support lebih banyak bahasa pemogramanPengembangan Aplikasi berorientasi Object tidak sebaik ArcGIS
Tool untuk repojection dan akurasinya jauh lebih baikToll reprojection Mapinfo tidak user friendly. Butuh waktu 3 hingga 5 kali lipat dibandingkan ARCGIS untuk reprojection 1 image
Sulit di BajakMudah di bajak (well bagi pengguna ini bisa di bilang kelebihan sih)



Kelebihan Mapinfo dan Kekurangn ArcGis

Arc.GisMapinfo
Editing dan processing data atribut jauh lebih kompleks(kita tidak akan bisa mengedit nama kolum di Arc Gis sebagaimana kita bisa merubah nama kolumn di mapinfo dengan mudah)Editing data membutuhkan lbih mudah. Kita bisa merubah nama kolum, urutan dan tipenya dengan mudah.
Editing Graphic juga lebih Sulit. Di Arcgis data point, line dan polygon tidak bisa berada dalam satu layer. Hal ini mempersulit ketika ingin edit2 data spatial manual seperti split, agregates dan lain sebagainyaMudah dalam Editing data spatial/graphic. Kita bisa melakukakn proses spliting polygon dengan line tanpa harus membuka lebih dari satu table/layer
Lebih Beratlebih Ringan
Tidak memiliki loga aktivitas processing yang terjadiMemiliki Log aktivitas processing data sehingga lebih mudah buat mengembangkan aplikasinya
Karena support banyak bahasa maka pengembangannya pun lebih kompleksBahasa basicnya adalah bahasa pascal, dan dapat mudah dikembangkan
Untuk prosess ringan tetep terasa lebih rumitUntuk pekerjaan yang membutuhkan kecepatan hasil, MI lebih simple dan mudah diperbaiki

Sampai saat ini saya sendiri 70 - 80% pekerjaan GIS lebih banyak menggunakan mapinfo. (jangan tanya apa karena gak kuat beli software ARC.GIS). Namun ada beberapa  hal saya juga tetap menggunaka Arcgis

Kesimpulannya: if you need to do georeferences analysis of your GIS data go with ArcGIS, if you want to manage the components of a GIS database (attributes), go with MI. I think the strength of MI is in its simplicity

6 comments:

  1. MINTA LINK DOWNLOAD DISCOVER YG COCOK UNTUK MAP INFO 15 PAK... saya sudah cari gak ketemu*

    ReplyDelete
  2. wah ane gak main di discover. afwan yah

    ReplyDelete
  3. Wah min karna artikel ini saya lebih tau perbedaan arcgis dan mapinfo, artikel ini lengkap dan jelas juga, makasih min.

    Kunjungi website saya juga ya :https://anditya.maasiswa.atmaluhur.ac.id/
    dan website kampus saya : http//www.atmaluhur.ac.id/

    ReplyDelete
  4. Terima kasih informasinya membantu sekali karena sejauh ini saya hanya mengunakan mapinfo dan jika ada waktu saya akan mencoba arcgis dengan segala kelebihan dan kekurangannya

    Kunjungi website saya ya http://korneliusputra.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    Website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  5. malam gan
    Terima kasih penjelasan mengenai artikel nya sangat lengkap dan jelas, dan saran makin dikembangkan lebih banyak lagi artikel"nya gan

    kunjungi juga web saya : https://martha.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/ dan website kampus saya di : http://www.atmaluhur.ac.id/

    ReplyDelete