11 November 2015

Layer

Layer

Layer
Pada Pemetaan digital, setiap informasi diatur dalam bentuk layer. Setiap layer mengandung sebuah informasi. Misalnya pada peta administrasi terdapat informasi batas-batas wilayah, nama kota, jalan, dan lainsebagainya. Masing-masing informasi tersebut ditampilkan dalam layer yang berbeda dan disimpan dalam tabel yang terpisah.

Pada dasarnya MapInfo akan menyusun layer tersebut dengan urutan yang logis dengan melihat tipe objek dari layer tersebut. Dengan demikian, tidak ada objek yang saling menutupi sehingga tampilan peta secara keseluruhan akan tampak bagus. Layer yang mengandung teks akan ditempatkan paling atas setelah cosmetic layer, kemudian diikuti dengan titik, lalu garis, polygon (area) dan berakhir dengan tipe data raster.

Bila pada suatu saat kita tidak menginginkan susunan layer seperti yang diatur oleh MapInfo, kita dapat mengubah susunan tersebut dengan menggunakan kotak dialog layer control pada jendela explorer.

window eksplorer mapinfo

Menambah dan Menghapus Layer pada List Layer

Pilih tanda  add layer pada jendela eksplorer. Kemudia klik Add. Bila pada daftar layer muncul Selection atau Query, itu berarti tabel sementara (temporary) yang dibuat oleh MapInfo pada saat pemilihan data (query).
Pilih tanda  remove layer pada jendela eksplorer setelah kita pilih layer yang ingin kita hapus dari map windows. Layer yang dihapus dari daftar masih tetap aktif di memori sehingga kita dapat menambahkannya kembali ke daftar layer bila diinginkan dengan mengklik kembali tanda add layer pada ekplorer window tanpa pedu membuka (Open) kembali.

Modifikasi Penampilan Pada Layer

Untuk melakukan modifikasi penampilan layer dapat melalui layer propertiesnya.
Dari daftar layer yang ada pada kotak dialog layer control, pilih layer yang akan
diubah model tampilannya lalu Klik Kanan kemudian pilih Layer Properties…
Layer properti

setting layer properti

Edit style

Untuk mengubah model tampilan  layer seperti warna, patern, model garis atau Jenis
Simbol.  aktifkan kotak cek Style Override dan Klik button poligon yang ada di bawahnya. Kotak dialog region style akan  muncul seperti berikut:

edit style mapinfo
Klik pada kotak pilihan Patern untuk memilih bentuk arsiran yang diinginkan, tentukan juga warna latar depan (foreground) dan latar belakang (backround), atau bila ingin tranparant (tidak memiliki warna background) uncheck option Background.

Kita juga dapat menentukan bentuk, warna dan tebal border pada pilihan Style, Color dan Width. Macam-macam garis, warna dan  ketebalan yang disediakan oleh MapInfo dapat dilihat pada gambar dibawah ini:
tipe garis mapinfo
tipe warna mapinfo



Bila pengaturan telah selesai, pilih OK dua kali untuk melihat hasilnya.Untuk mengubah style garis atau titik tidak berbeda caranya dengan contoh mengubah style polygon di atas. 

Untuk Line/Garis bisa di tambahkan arah penggambaran garis pada peta (dirrection). Fungsinya bisa untuk menggambarkan arah kendaraan pada jalan sebenarnya. Untuk melakukan itu buka Layer Properties…
Lalu Check pilihan option Show Line Direction
show line direction mapinfo

Berikut hasilnya:
Tanpa Line Direction
Poliline tanpa node dan direction

Dengan Line Direction
Poliline dengan direction

Option Show Nodes digunakan untuk menampilkan seluruh node di data vektor Line maupun Polygon. Berikut hasilnya:
Poliline dengan node

Option  Show Centroid digunakan untuk menampilkan Centroid Objeck Line. Berikut hasilnya:
Poliline dengan centroid

Zoom Range


Sering kali ketika kita memunculkan peta di map window, peta tersebut tidak muncul, padahal tidak ada yang salah dengan petanya (di software lain muncul). Hal ini bisa terjadi karena mapinfo ingin menghemat memory yang digunakan dengan membatasi zoom range peta tersebut. Biasanya data yang mengalami pembatasan (limit) secara otomatis ini adalah data berbentuk raster. Namun demikian kita juga bisa mengaplikasikannya pada data vektor.

Untuk mengatasinya pergi ke Layer Properties… >> Lalu Uncheck Zoom Layering
Zoom Range di Mapinfo

Hal ini juga berlaku sebaliknya, bila kita memang berniat membatasi zoom layering. Zoom layer ini penting dan sering sekali digunakan. 

Selain zoom in/out teknik lain yang sering kali di pakai adalah teknik Zoom keseluruhan Layer (View Entire Layer), Zoom ke object yang di pilih/query (Extents of Selected Objects) dan kembali ke tampilan Zoom sebelumnya (Previous View)

View Entire Layer


View Entire Layer dapat dilakukan dengan dua cara, yakni melalui klik kanan di Map window yang sedang aktif atau melalui Eksplorer Window. Bila melalui map window akan di tampilkan kotak pilihan seperti berikut ini:
Zoom di keseluruhan layer

Kotak ini tidak akan muncul bila hanya ada satu table yang sedang di buka di mapinfo dan tidak ada table query/sementara yang memiliki data spatial. Pada kotak ini kita juga bisa zoom in untuk keseluruhan layer yang dibuka, dengan memilih list “All Layer”

Sebaliknya bila klik kanan dilakukan melalui Ekplorer Window kita akan di suguhkan langsung keseluruhan layer yang dipilih. Klik kanan pada layer “Cosmetik Layer” lalu pilih View Entire Layer

Klik kanan pada map window juga akan menampilkan list perintah yang salah satunya adalah View Entire Selection Layer. Perintah ini memiliki fungsi yang serupa dengan View Entire Layer namun hanya untuk satu layer dimana disana terdapat objet yang sedang kita pilih (query aktiv).


Extents of Selected Objects


Fugsi ini berbeda dengan sebelumnya. Fungsi ini adalah untuk zoom in keseluruhan objeck yang kita pilih dalam sebuah layer. Jadi bukan keseluruhan layer yang di zoom in melainkan hanya keseluruhan objek yang terpilih saja.


Previous View


Fungsi ini tidak benar-benar sebaga zooming layer melainkan hanya menampilkan tampilan zooming layer sebelumnya.


Cosmetik Layer


Layer ini memiliki perlakuaan yang spesial. Layer kosmetik selalu ada pada setiap peta dan ditempatkan di urutan paling atas pada eksplorer window. Kita dapat melakukan editing atau selecting pada layer kosmetik. Namun kita tidak dapat memindahkan susunan, memberikan data atribut ke dalam objeknya, menghapus dari daftar dan menonaktifkan layer kosmetik. Atau dengan kata lain layer ini selalu Visible

Ketika layer ini dipilih, beberapa pilihan menu pada layer kontrol tidak aktif (disable). Pilihan yang secara automatis disable di antaranya adalah pengaturan Style dan Label. Hal ini di karenakan semua objeck yang di buat di dalam kosmetik layer hanya bersifat sementara dan tidak memiliki data atribut (tabular).Ketika map window di tutup maka semua objek pada kosmetik layer akan hilang dengan sendirinya kecuali kita talah menyimpan seluruh penampilan map window kita kedalam workspace. Bila Kita melakukan penyimpanan dalam workspace maka objeck yang ada di kosmetik layer akan ikut tersimpan dan bisa dibuka lagi melalui menu tab HOME >> Open >> Open Workspace

1 comment:

  1. Terima kasih informasinya sangat membantu sekali karena saya pada awalnya masih belum mengetahui apa saja layer yang ada dalam mapinfo

    Kunjungi website saya ya http://korneliusputra.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    Website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete