03 November 2015

Tiga Aspek Yang harus di pahami oleh ahli GIS

Tiga Aspek Yang harus di pahami oleh ahli GIS

Aspeh Seorang GIS Programer


Data

Pada intinya data merupakan informasi yang dapat muncul dari berbagai bentuk terlepas dari apakah dia bisa dimanfaatkan atau tidak. Mereka yang memahami data dengan baik akan lebih dapat menghasilkan keputusan secara bijak sana. Mengapa? Karena bagi seorang yang sudah lama berkecimpung di dalamnya data dianggap sebagai informasi hidup (dinamis). Walaupun sebenarnya ada data yang bersifat statis, namun dalam processnya tidak ada data yg benar-benar mutlak statis, terutama setelah masuk kedalam pengolahan data. Pemahaman terhadap sifat dan karakteristik data ini penting agar menghasilkan output yg accurat.

Data dalam GIS ini sendiri di kategorikan menjadi 2 yaitu data atribut dan data spatial.
  • Data atribut adalah data non spasial yang merepresentasikan aspek –aspek tertentu dari sebuah objeck. Aspek-aspek tersebut bisa berupa data statistik, deskriptif maupun analisis.
  • Data spatial adalah  data yang memiliki referensi ruang kebumian. Yang dimaksud data kebumian ini adalah data yang memiliki informasi posisi sebuah titik di atas permukaan bumi atau peta.
Untuk memahami dan mampu mengolah data2 tersebut diperlukan tool-tool khusus maupun skil yang memadai baik dari pengembang maupun penggunanya. Ini lah mengapa data, manusia dan sistem itu sendiri tidak dapat di pisahkan. Mari kita pelan-pelan belajar kedua data tersebut dan process pengolahaannya. Karena kedua data ini sendiri membutuhkan keahlian khusus sehingga seseorang dapat menggunakannya dengan baik.

Manusia

Manusia disini maka kita berbicara dari dua sudut yang berbeda, pengembang(developer) dan pengguna (user). Pengembang adalah mereka yang menciptakan, mengolah data dan menampilkannya sehingga dapat di gunakan oleh user dengan baik. Sedang user adalah pengguna  baik pengguna langsung maupun pengguna yg kemudian menjadi pengembang dari data yang telah di sediakan.

Untuk hal ini seorang GIS memerlukan keahlian khusus dan kemampuan tool-tool untuk mengolah data yang ada. Di antaranya adalah keahlian analisis keruangan, statistik, matematik, logika, pengolahan data dan pengetahuan pemograman bahasa.

Untuk menjadi ahli dalam hal tersebut perbanyaklah baca. Silahkan download beberapa ebook dan artikel yang telah di sediakan untuk menambah pengetahuan.

Sistem

Didalam sistem inilah GIS dikembangkan. Tujuan dari sistem ini adalah agar data dapat diolah dan disampaikan kepada user dengan baik. Di Dunia GIS ada dua perusahaan besar yang mengembakan software untuk analysis Geographic ESRI dan Mapinfo Corp. Namun mereka bukan satu-satunya. perusahaan yang mengembangkan GIS. Namun mereka lebih dahulu di kenal di kalangan Geographer. Perusahaan lainnya yang juga turut mengembangkan GIS antara lain Autodesk, Inc dengan Autocad mapnya. Bahkan 3 D max seringkali digunakan sebagai tool untuk menampilkan animasi lahan/peta hasil olahan GIS agar lebih animatif. GIS ini sendiri juga di kembangkan oleh komunitas Open Source. Salah satu aplikasi atau tool yang dikembangkan oleh open source adalah OSGeo dimana di dalamnya terdapat berbagaimacam aplikasi GIS open source.

Tidak lupa bahwa pengmbang aplikasi-aplikasi Database juga turut serta dalam mengembangkan GIS. Salah satu database data GIS yang banyak di gunakan adalah PostgreSQL.org. Oracle begitu juga MySQL dan aplikasi database lainnya juga mulai mengembangkan penyediaan database server yang mendukung data spatial.

Mari perlahan-lahan kita menguasai semua keahalian itu bersama-sama. Saya sendiri masih terus belajar untuk memperdalam kesemua hal tersebut.


there is always the first step to achieve the goal. We are the ones who determine when that step is taken (by me)

1 comment:

  1. ternyata ada aspek2 yang mesti dipahami oleh ahli GIS,,,jadi tahu saya.terimaksih gan atas ilmunya...sangat bermanfaat bagi saya.

    jangan lupa kunjungi website kampus saya : http://www.atmaluhur.ac.id/ dan
    website saya : https://harmoko.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/

    ReplyDelete