25 November 2015

Membuat Buffer, Convex Hull dan Paralel Object

Membuat Buffer, Convex Hull dan Parallel Object di Mapinfo 12

Menambah data selain menggunakan create juga bisa menggunakan tool buffer, convex hull dan parallel objek

Buffer Objek di mapinfo 12
Buffer Object
Fungsinya untuk membuat sebuah buffer di sekitar objek yang dipilih. 




Untuk  melakukannya
  • Pertama pilih objeck yang ingin di bufer.  Bisa satu objek atau bisa banyak objek sekaligus.
  • Lalu pilih tool Buffer Objects dari menu Tab SPATIAL >> SPATIAL >> Buffer >> Buffer Object
  • Isikan lebar bufernya di kotak Value (misal 5 meter).
  • Isikan tingkat smoth ujung2 bufernya ( min 3 max 500), makin besar nilainya makin smooth tampilannya tapi makin besar size filnya ketika di simpan dan akan berpengaruh terhadap kecepatan loading nantinya.
  • Lalu Pilih apakah semua objeck buffer di combine jadi satu (One buffer of all objects) atau masing-masing objek menghasilkan satu buffer (one buffer for each object). Opsi kedua tentu lebih baik dan memberikan banyak data namun tentu saja lebih memerlukan waktu untuk processnya.
  • Klik Next dan select semua kolum dan centang opsi Value pada pilihan di bawahnya. setelah itu klik OK. Hasilnya akan seperti gambar di bawah ini:
buffer objek di mapinfo 12


Buffer Tabel di Mapinfo 12
Buffer Tabel
Hasilnya tidak berbeda dengan tool Buffer Objects. Perbedaannya adalah bila dalam Buffer Objects hasilnya langsung di tambahkan ke layer yang sedang editabel, sedangkan Buffer Tabel di beri pilihan apakah akan ditambahkan ke dalam tabel yang sudah ada dan di buka di Mapinfo atau di Tabel baru dengan struktur tabel yang baru. Selain hal ini prosess selanjutnya sama dengan Buffer Objects.

Buffer tabel di mapinfo 12


Convex Hull
Tool ini digunakan untuk menambahkan/menciptakan data polygon yang di bentuk oleh  Convex hull dari sekelompok titik. Titik di sini bisa berarti point object maupun nodes/titik bagian dari polyline. Konsepnya adalah setiap titik (point atau node) di anggap sebagai nodes yang akan membentuk sebuah area(region)


gambaran Konsep Convex hull:
  • Convex Hull dari Line/Polyline
            convex hull dari line

  • Convex Hull dari titik

            
convex hull dari line
Untuk melakukannya pertama pilih objek yang akan dijadikan dasar untuk membuat polygon. Lalu klik Tool Convex Hull yang bisa di temukan di menu Tab SPATIAL >> Buffer >> Convex Hull
Membuat Convex Hull di Mapinfo 12

Memahami bagaimana menggunakan tool ini sangat berguna kedepannya terutama ketika kita melakukan digitasi peta atau mengedit peta digital.


Create Parallel
Membuat objek mengikuti paralel objek yang di seleksi. Hasilnya dapat berupa line (paralel) atau region/polygon (mirip dengan Buffer Objek)

Berikut prosess melakukannya:



Membuat parallel objek di mapinfo 12

Perhatikan gambar di atas. Bila dalam prosess setting Create Parallel pilihan Create Region di centang maka akan objek baru yang akan di buat berupa polygon. Bila yang di pilih adal Both Sides maka hasilnya akan serupa dengan Buffer Objek.

Perlu di perhatikan bila pilihan Create Region di centang tentu akan menghasilkan dua tipe objek di dalam satu tabel. Hal ini tidak bermasalah di mapinfo namun akan bermasalah dalam analisa spatial kedepannya nanti. Misal bila di dalam tabel tersebut kita ingin tahu distance objek, tentu di data yang berupa polygon akan terjadi error. Sebaliknya bila kita ingin mengetahui luas objek, di data yang berupa line akan bermasalah.


2 comments:

  1. terimakasih gan info nya , saya semakin tau tools tools di mapinfo

    kunjungi juga website saya https://ahmadiqbal.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    dan kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id/

    ReplyDelete
  2. Terima Ksaih min atas Turorialnya.. Begitu toh cara bikin Buffer Object sama Parallel Object... Thanks min. membantu seali :D
    Kunjungi juga website saya di :https://babal.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    dan website kampus saya di : http://www.atmaluhur.ac.id/

    ReplyDelete