25 November 2015

Membuat Objek Baru di Mapinfo 12

add objeck

Membuat Objek Baru di Mapinfo 12

Hal ini dapa dilakukan dengan membuat tabel baru atau dari tabel lama. Setelah itu aktifkan editing mode pada navigasi window. Bila menggunakan tabel baru, perlu di ingat bahwa selalu gunakan satu tabel untuk satu tipe objek. Jangan menggunakan satu tabel untuk membuat objek garis dan polygon. Hal ini terkait dengan prosess kedepan nantinya.

Langkah membuat objek baru adalah sebagai berikut:

Pertama, Aktifkan editing mode layer yang ingin kita edit (layer yang akan ditambahkan objek baru)
editing mode

Kedua, gunakan tool Insert pada tab menu SPATIAL. Di bagian ini lah tool2 dimana kita bisa membuat object baru
Tool Insert Mapinfo 12

Selain menggunakan cara di atas kita juga bisa menggunakan teknik Copy + Paste.  

Pertama, buka tabel lain yang telah memiliki informasi graphis dan ingin kita ambil vektornya. 
Kedua, Copy object tersebut lalu Paste ke layer yang telah editabel (yang ingin di tambahkan objectnya)
copy paste
setelah melakukan copy paste maka di layer/edit baru akan muncul objek baru sebagai berikut:


polygon



Digitizer Setup
Tool ini adalah cara lain untuk menambahkan data grafis. Tool ini secara deult tidak aktif(disable) kecuali di komputer kita telah terinstal meja digitizer dan sejenisnya. Contoh alat/meja yang bisa digunakan sebagai Digitizer:




2 comments:

  1. Terima kasih infonya bermanfaat sekali, jadi saya sekarang bisa tahu cara membuat Objek Baru dengan editing mode pada navigasi window
    Kunjungi website saya ya http://korneliusputra.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    Website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  2. Terima kasih infonya bermanfaat sekali, jadi saya sekarang bisa tahu cara membuat Objek Baru dengan editing mode pada navigasi window
    Kunjungi website kampus saya ya ke www.atmaluhur.ac.id maupun alamat web blog saya http://mafaza.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/.

    ReplyDelete