03 November 2015

Memulai Mapinfo

Memulai Mapinfo


Mapinfo
Mapinfo Logo
Berikut adalah bagaimana menjalankan mapinfo. Versi yang di gunakan adalah versi 12 ke atas. versi 12 kebawah memiliki userinterface yang sangat berbeda dan banyak tool atau feature baru yang belum di miliki versi 12 kebawah, di antaranya adalah support win 8 dan 10, thema yang lebih cantik, sort wondows table, support windows 64 bit dan lain sebagainya.

Mungkin kita bertanya apa bedanya mapinfo yang support 64 bit dengan mapinfo lawas yang support 32 bit. Begini…. Bila kita memiliki file mapinfo(tab file) yang besar siezenya hingga 2 GB. lalu kita eksport menjadi mif file, kemudian kita ingin mengimport balik menjadi tab file, maka mapinfo yang hanya support 32 bit tidak dapat melakukannya. Akan terjadi error “out of memory”. di karenakan ram yang di gunakan mapinfo tidak sanggup memenuhi prosess yang di minta. Walaupun ram yang kita miliki lebih dari 6 gb. Mapinfo 32 bit hanya bisa menggunakan ram maximal 3 Gb, sedangkan mapinfo 64 bit (versi 12 keatas) mampu memaximalkan memory ram yang kita miliki.

Instalasi mapinfo

File softwarenya secara resmi bisa didapat di link ini:

Kita juga bisa memperolehnya dari link2 yang lain. Bila ingin mencoba trialnya silahkan menggunakan software evaluationnya. Namun demikian memang sudah menjadi pengetahuan umum bahwa software windows banyak yang mencoba membajaknya. Bila untuk keperluan belajar silahkan cari informasinya di internet.

Setelah kita download jalankan saja setupnya, ikuti langkahnya hingga selesai. Bila menggunakan software trial, pilih evaluation copy ketika form pengisian “consumer information”
atau isi serial number dan access code bila memang membeli software ini. Lanjutakan hingga selesai. Kemudian jalankan Mapinfo 12 yang baru saja di install

4 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih artikel dan juga link downloadnya sangat membantu dengan kuliah saya yaitu GIS yang menggunakan mapinfo
    Kunjungi website saya ya https://korneliusputra.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    Website kampus saya
    Http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  4. Terima kasih tutorialnya sangat membantu, sehingga saya lebih mengerti mapinfo. Kunjungi juga website saya: https://cerry.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/ dan website kampus saya: http://mahasiswa.atmaluhur.ac.id/

    ReplyDelete