11 November 2015

Membuka File Ke dalam Mapinfo

Membuka File Ke dalam Mapinfo

Maximal file yang dapat dibuka di mapinfo ada sebanyak 500 table, sedangkan file untuk di edit maximal 125 File. Mapinfo mensupport banyak tipe file. File yg umum digunakan menggunakan mapinfo adalah sebagai berikut:

  1. Raster file(file dengan data gambar) : ECW, PNG, BMP, GIF, JPG, PSD, WMF, MAP, TIF
  2. Vektor File : SHP,DFX, TAB.
  3. Database File : Microsoft Access, DBF, CSV, XLS, XLSX, TXT, Lotus File (WKS), WOR (mapinfo workspace), MIF

Mapinfo 12 keatas juga mensupport membuka data “bing map” yang sangat berguna untuk di jadikan basemap.

Berikut cara-cara membuka file di mapinfo:

Open File (Ctrl + O)


Open FIle Mapinfo

Berikut file yang bisa di buka melalui tab menu  HOME >> OPEN >> Table
List Tipe File Open File Mapinfo

Perlu di ketahui bahwa setiap tipe file tidaklah sama perlakuaanya di dalam mapinfo. Berikut perlakuan yang dibawa oleh cara open file:
  • Bisa di edit langsung
Tipe  file *.tab, adalah tipe file yang langsung siap untuk di edit oleh program mapinfo. Jenis tipe ini memang tipe bawaan mapinfo.
  • Bisa di edit tapi dibuat copy terdahulu
Tipe data Coma Sepparated Value (*.CSV), text (*.txt), microsoft Excel (*.xls/*.xlsx), Lotus (*.wks), DBase (*.dbf). Tipe ini tidak bisa di edit langsung ke file aslinya. Untuk melakukannya mapinfo harus memiliki aksess untuk membuat copy dari file2 tersebut. Tipe-tipe data ini hanya memiliki informasi tabular namun tidak memiliki informasi spatial
Create Copy Data di Mapinfo

  • Bisa di buka tapi tidak bisa di edit
Tipe data esri (*.shp) dan semua tipe raster (*.tif, *.png, *.ecw dll) bisa dibuka melalui cara ini namun data di dalamnya tidak bisa di edit.
Untuk tipe data *.shp Penggunaannya hanya untuk di baca.  Bila ingin mengedit tipe data ini maka perlu diconvert ke *.tab menggunakan Universal translator. Sedangkan untuk tipe data raster dapat di buka ke dalam mapinfo dan diregister agar memiliki informasi geografi (memiliki datum dan projecetion)

Import FIle

HOME >> Open >> Import
Import Mapinfo

Berikut Tipe data yang dibuka melalui cara ini:
List tipe File Import Mapinfo

Pada umumnya tipe data yang sering digunakan menggunakan cara import hanyalah *.mif dan *.dfx. Mif itu sendiri adalah tipe data yang diproduksi oleh mapinfo. Tipe data mif file mengkonversi data2 vektor menjadi data bertipe text file. Data berupa garis maupun polygon di konversi sehinga menjadi kumpulan titik-titik yang mewakili setiap sudut garis atau polygon. Sedangkan tipe data *.dfx diproduksi oleh software autodext (autocad). Oleh karenanya penggunaan file ini menggunakan import harus memperhatikan konfigurasi data di dalam dfx itu sendiri.

Universal Translator

TABLE >> Universal Translator
Universal Translator Mapinfo

lalu File >> Translate
Translate di Universal Translator

Berikut Tipe data yang dibuka melalui cara ini:
List File Universal Translator


Selain ke tiga cara di atas (open file, import dan universal translator), sebenarnya ada beberapa cara lain namun buat pengguna mapinfo pada umumnya cara2 yang telah disebut di atas adalah cara yang paling sering digunakan. Cara lain tersebut di antaranya cara untuk membuka database table seperti sqlite, oracle dan semacamnya. Hanya saja data seperti ini biasanya diperuntukan bagi mereka yang sudah advance dalam menggunakan mapinfo dan database. Menurut saya pribadi bila memang sudah taraf seperti itu pengunaan database sperti sqlite dan semacamnya lebih mudah menggunakan software lain seperti Qgis, SQLite Gui for Windows, Heidy SQl, PgAdmin dan lain sebagainya.

Tipe data lain yang mungkin sangat berguna adalah tipe data raster dalam bentuk citra satelit milik microsft, yaitu Bink Map. Berikut cara membuka data bing map:
HOME >> Open >> Aerial/Roads/Hybrid
Open Bing Map Mapinfo

Tipe data ini tidak bisa diedit. Data ini hanya bisa digunakan sebagai base map untuk keperluan lain di Mapinfo.
Remove Read Only


Berikut adalah list tipe data dan bagaimana membukanya di mapinfo agar bisa di edit. Jadi kita jangan sampai salah. Salah cara membukanya maka kita yang baru saja belajar pasti bingung kenapa tidak bisa di edit.

  • Open File : *.tab, *.txt, *. csv, *.dbf, *.xls, *.xlsx, *.mdb
  • Import File : *.mif, *.dfx
  • Universal Translator : *.dwg, *.dfx, *.shp, *.kml
Ada kasus lain. Bila ternya menggunakan open file untuk tipe data *.tab tapi data tersebut tidak bisa dibuka kemungkinannya data tersetbut berbentuk read only. Hal ini bisa terjadi karena data tersebut crash, sedang digunakan di program lain atau oleh user lain atau nyangkut pada prosess sebelumnya yang telah selesai. Solusinya data tersebut di buat copy menggunakan windows eksplorer atau di ubah menjadi siap edit.
Klik Kanan pada semua data (*.dat, *. id, *. map, *.tab)  yang ingin di buka di mapinfo lalu pilih properties

Lalu Uncheck attributes Read-only
Remove Read Only

7 comments:

  1. terimakasih gan moga lebih bermanfaat hehe mampir jg ke web kampus saya wwww.atmaluhur.ac.id dan blog saya hendi.mahasiswa.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  2. Terima kasih sudah berbagi ilmu yang sangat bermanfaat.sempat pusing juga, saat mau buka file yang disimpan nggak ketemu.cari2 tutorial, dapat juga.

    oh iya, jgn lupa kunjungi website saya http://dejesus.mahasiswa.atmaluhur.ac.id dan website kampus http://www.atmaluhur.ac.id.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih, artikelnya sangat membantu, apalagi untuk pemula seperti saya. Kunjungi juga website saya: https://cerry.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/ dan website kampus saya: http://www.atmaluhur.ac.id/

    ReplyDelete
  4. Tutorialnya bermanfaat dalam penjelasan membuka file ke dalam map info. trims
    kunjungi blog saya https://r3nd1pr4y0g1.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/ dan web kampus www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  5. terimakasih atas atikelnya sangat bermanfaat dan membantu

    kunjungi website kampus saya
    www.gunadarma.ac.id
    dan website saya
    Reymitsal.blogspot.com

    ReplyDelete