03 November 2015

Struktur interface Mapinfo


Struktur interface Mapinfo

 
Interface Mapinfo
Interface Mapinfo

Quick access Toolbars. 





Daerah yang bisa dengan cepat di navigasi karena selalu muncul walau kita pindah menu atau windows di dalam software mapinfo. Menu apa saja yang bisa muncul di area ini bisa di modifikasi. Tinggal klik kanan di area mana saja di daerah toolbar, lalu pilih “costume quick access tool bars”
Edit Quick Access Toolbar

Tab Menu Toolbar dan Menu Ribon toolbar (Group Tools)

Ribbon Toolbar Mapinfo

Merupakan Group dari menu-meni yang ada di meru ribbon toolbar. Bisa di tambahkan tab baru melalui costumize quick access toolbars.  Kita juca bisa mengedit menu ribbon toolbars, namun hanya untuk custom Groups. Group lainnya seperti “Home”, “table” dll tidak bisa di edit
edit ribbon Toolbar

Windows Layer Eksplorer and Info area

Area untuk navigasi layer/table yang telah di buka ke dalam map window di mapinfo.  
Eksplorer windows mapinfo


Tanda : visible on or off mapinfo (visible on/of) digunakan untuk memunculkan atau menyembunyikan peta di jendela navigasi map (map windows
TandaEditable off mapinfo (Editable:off) atau  Editable on mapinfo (Editable:on) di gunakan untuk mematikan fungsi edit peta atau menghidupkanya. Bila di matikan maka menu2 edit peta seperti modify, split dll juga akan mati(disable)
Tandaselectable off mapinfo (Selectable :off) atau selectable on mapinfo(Selectable : On) digunakan untuk mematikan fungsi select pada object atau menghidupkannya. Bila fungsi Editable: On maka seacara otormatis Tanda ini hidup (selectable:on)
Tanda  automatic label mapinfo (Automatic Label:on/of) digunakan untuk memunculkan label/text object di map windows
Tandaadd layers mapinfo  (Add Layers) digunakan untuk menambahkan layer (table) ke map windows yang aktif
Tanda  remove layers mapinfo (Remove Layersdigunakan untuk menghilangkan layer (table) dari map windows yang aktif
Tabdamove up and down mapinfo (Move Layers Up/Down) digunakan  untuk memindahkan susunan order layer ke atas atau ke bawah
Tandasearch navigasi Mapinfo digunakan  untuk mencari layer tertentu yang telah add di map window.

Cosmetic layer = layer sementara untuk keperluan editing. Semua object yang ditaruh di layer ini akan hilang dengan sendirinya bila map windownya di tutup, kecuali map window tersebut di simpan dalam bentuk workspace. Layer ini akan selalu berada di posisi paling atas dari tumpukan layer yang kita buka.


Browser Window

Jendela Navigasi  untuk melihat isi table (atribut) yang di tampilkan di windows navigasi area 
Brwser Window Mapinfo


Map Window

Jendela Navigasi  untuk melihat peta/map/object yang di tampilkan di windows navigasi area
 
Map Window Mapinfo

Mapbasic window

Area digunakan untuk meletakan baris code bahasa pemograman mapbasic. Mapinfo secara automatis melist sebagaian besar code pemograman yang sedang berlangsung di area ini ,setiap kali kita memprosess sesuatu di dalam mapinfo. 
Mapbasic Window Mapinfo



Message Window/area

Area untuk debuging prosess yang terjadi di dalam mapinfo. Untuk menampilkannya kita menggunakan perintah “print” di dalam area mapbasic. Silahkan ketik print "gaga"di mapbasic windows tersebut, maka akan muncul text di Messege Windows sebagai berikut: 
Message Window Mapinfo


“Help” di mapinfo

Untuk mendapatkan informasi penggunaan software mapinfo bisa memakai fungsi “Help” yang di sediakan mapinfo.  Buka Mapinfo lalu ke menu tab PRO >> ? Help >> Search Help Topics and Get Manuals. Silahkan cari informasi apa yang kita butuhkan.


Help Mapinfo



No comments:

Post a Comment