24 November 2015

Sifat Tabel Query yang perlu di Ingat

Hasil gambar untuk Table mapinfo

Sifat Tabel Query


Semua tabel sementara (query) akan diperlakukan sama seperti halnya objek di layer kosmetik. Artinya ketika mapinfo ditutup maka semua tabel sementara ini pun akan ikut hilang. Agar tabel query ini tidak hilang ada dua cara yakni menyimpannya sebagai tabel nyata/permanen mapinfo menggunakan tool Save Copy As tiap tabelnya atau menggunakan Save Workspace.

Save Copy As harus menyimpan semua tabel sementara satu persatu sebagai tabel nyata mapinfo. Akan menyulitkan bila ternyata ada banyak tabel sementara (hasil query). Kelebihannya tidak perlu waktu lama ketika kita membuka kembali semua tabel tersebut dengan perintah Open.

Sebaliknya Save Workspace akan membutuhkan waktu untuk membuka kembali semua tabel yang pernah dibuat dan di simpan kedalam workspace. Hal ini di karenak mapinfo melakukan query ulang dari awal dengan format sesuai apa yang telah kita lakukan sebelumnya. Kelebihannya adalah kita tidak perlu menyimpan satu persatu tabel-tabel query tersebut. Cukup lakukan Save Workspace maka seluruh query yang kita buat tersimpan secara otomatis dan akan dibuka lagi ketika kita membuka Open Workspace.


Beberapa Sifat Khusus dalam Selecting data


 ·       Select(memilih) multiple objects
Tahan Shift key pada keyboard ketika ingin mimilih objek/record.  Jika kita menselect object lain tanpa menahan Shift key maka object sebelumnya akan ter-unselect. Bisa juga dengan menahan Ctrl key pada keyboard lalu kita pilih satu persatu objek/record yang ingin kita pilih. Mengklik 2x pada record di browser window dengan sambil menahan Ctrl key maka objek tersebut akan kembali ter-unselect. Hasilnya berbeda bila kita mengklik 2x pada Map Window

·         Memilih Object paling bawah yang overlaping dengan objet terpilih saat ini
Untuk melakukannya tahan Ctrl key lalu gunakan Select  di lokasi yang sama (klik 2x) pada map window. Maka Object yang berada dibawahnya akan terselect sedangkan object di atasnya akan di abaikan. Bila kita menginginkan object di atasnya tetap terpilih maka tahan Shift ketika melakukannya.

·         Menghilangkan semua record yang terselect
Gunakan tool   untuk melakukan hal itu. Atau cukup tekan Ctrl + W key pada keyboard

·         Memindahkan Object
Ketika object masih dalam keadaan terpilih tahan klik kiri pada Mouse dan pindahkan object ke lokasi yang kita inginkan. Atau bisa dengan menahan Ctrl key pada keyboard lalu gunakan Arrow key untuk menggerakan object dan memindahkannya ke lokasi yang kita inginkan. 

·         Memutar Object
Ketika obeject dalam keadaan terpilih object tersebut akan di highlighted dan memiliki 5 titik edit. 4 titik edit berguna untuk membersarkan dan mengecilkan skala objek, dan 1 titik yang berada di bagian luat pojok kanan bawah untuk memutar object
titik bantu mengedit objek di mapinfo

·         Invert Selection
Memilih object lainnya dari object yang tidak terpilih.
Berikut gambarannya:
Object yang terpilih saat ini adalah object A
Invert selection


Lalu seterlah di invert menggunakan tool Invert Selection  yang bisa kita peroleh pada menu Tab TABEL atau MAP atau SPATIAL maka objeck yang terpilih adalah semua object di layer yang sama selain object terpilih sebelumnya (objek B,C dan D.)
Invert selection



No comments:

Post a Comment